Macam-macam Kain Kebaya Modern yang Sering Digunakan

By Categories : Kebaya Modern

Kain kebaya modern saat ini banyak digunakan untuk para desainer-desainer untuk merancang suatu kebaya. Berbeda dengan zaman dahulu, kini bahan kebaya lebih bervariasi dan tentunya memiliki model yang lebih menarik dan modis.

Bagi Anda penggemar kebaya ataupun bagi seseorang yang ingin membuat kebaya, mengetahui macam-macam kain kebaya adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. Pasalnya dengan mengetahui hal ini, kebaya yang Anda buat pasti akan lebih modern dan sesuai dengan trend yang ada. Sebelum membahas mengenai jenis kain yang sering digunakan untuk membuat kebaya, tak ada salahnya jika Anda mengetahui apa saja tips memilih kain tersebut.

Selain memperhatikan bahan, hal terpenting ketika memilih kain kebaya adalah warna. Hal ini dikarenakan pemilihan warna yang tepat dapat membuat kulit tampak cerah dan tidak kusam. Lantas apa saja macam-macam kain kebaya tersebut? Berikut ulasannya.

Jenis Kain Kebaya Modern yang Paling Populer

Kebaya dengan Kain Brokat

Yang pertama adalah kain brokat. Sudah menjadi rahasia umum jika kain brokat merupakan salah satu bahan kain untuk pembuatan kebaya yang paling diminati oleh masyarakat. Kain brokat sendiri ada beberapa macam, yaitu brokat lokal, brokat semi Prancis serta brokat Prancis. Dari ketiga jenis kain brokat tersebut, kain brokat Prancislah yang memiliki kualitas yang cukup bagus.

Kebaya dengan Kain Organza atau Organdi

Kebaya kombinasi brokat dan organza

Kebaya yang dibuat dari brokat akan terlihat lebih mewah dan seseorang yang mengenakannya pun akan terlihat lebih elegan dan menarik. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin membuat kebaya, tak ada salahnya untuk memanfaatkan kain brokat dalam pembuatannya.

Baca juga model kebaya brokat terbaru untuk berbagai negara

Kebaya dengan Kain Satin

Kebaya bordir dengan kain satin

Kebaya dengan Kain Satin

Yang kedua adalah kain satin. Satin merupakan salah satu jenis kain yang memiliki ciri kha permukaannya yang mengkilap dan licin. Hal ini dikarenakan kain ini di buat dengan cara ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen. Selain brokat, kain satin juga digemari oleh para masyarakat.

Ini karena ketika dibuat pakaian, salah satunya kebaya kain satin dapat memberikan kesan penggunanya terlihat glamor dan feminim. Harganya kainnya yang cukup terjangkau membuat kain ini semakin banyak diminati untuk dijadikan bahan kebaya.

Kebaya dengan Kain Katun

Berikutnya adalah kain katun. Dari dulu hingga sekarang, kain katun paling sering dijadikan bahan untuk kebaya. Ciri umum dari kain katun yaitu mudah kusur, mudah menyerap keringat, rentan terhadap jamur serta bahan terasa dingin. Teksturnya yang lembut serta mudah menyerap keringat membuat kain katun sering digunakan dalam pembuatan kebaya, terutama kebaya encim.

Kebaya dengan Kain Katun

Kebaya encim dari kain katun

Bahannya yang dingin dan tidak panas juga membuat kain ini menjadi favorit para wanita. Dan pastinya kebaya yang berbahan kain katun sangat nyaman ketika digunakan. Namun salah satu kekurangan kain katun adalah bahannya sedikit kaku serta mudah kusut.

Kebaya dengan Kain Organza atau Organdi

Sama seperti kain satin, kain organdi pun memiliki bentuk yang lembut dan berkilau. Meskipun tidak dapat menyerap keringat, namun kain ini juga sering dimanfaatkan pada perancang busana dalam pembuatan kebaya, terutama pada kebaya pengantin ataupun kebaya pesta.

Kain kebaya modern

kebaya kain organza

Kain yang satu ini biasanya sangat tipis dan menerawang karena terbuat dari tenun sutra. Namun seiring dengan berkembangnya fashion di Indonesia, organdi dibuat dari serat filamen sintetik seperti nilon atau poliester.

Baca juga model kebaya bali terbaru 2016

Demikianlah ulasan mengenai macam-macam kain kebaya modern yang paling sering dilakukan.

Loading...
jenis kain kebaya terbaru, jenis kain kebaya modern, jenis kain kebaya pengantin, macam macam kain brokat, cara memilih bahan yg bagus untu kebaya, nama bahan kebaya, jenis kain buat kebaya, jenis jenis bahan kebaya, kebaya yang bagus untuk di buat dari kain belum jadi, macam-macam motif kain kebaya, jenis kain yang cocok untuk kebaya, macam macam jenis kebaya, macam macam jenis kain kebaya, kain yang di gunakan kebaya, nama kain yang di buat kebaya, Jenis kain kebaya yang bagus, macam kain untuk kebaya, macam macam kain, kain buat bikin kebaya, kain yang bagus digunakan untuk baju kebaya